Tuesday 25 September 2007

Pendapatan Riil di Dunia Maya



Menyambung posting sebelumnya, (Waktu) Berinternet Adalah Uang, saat ini dunia bisnis tidak hanya berlangsung di dunia nyata. Bisnis juga terjadi di dunia maya, dunia cyber, atau dunia virtual.

Yang paling sederhana, para pebisnis dewasa ini mengandalkan situs (website) sebagai salah satu media promosi, bahkan juga untuk transaksi jual beli (trading). Tak hanya kalangan pebisnis, orang biasa seperti kita pun bisa mendapatkan keuntungan riil di dunia maya ini.

Sebenarnya saya belum dapat dikatakan berhasil dalam hal ini. Namun, melalui tulisan singkat ini saya hendak berbagi sejumlah informasi seputar bagaimana mendapatkan penghasilan riil dari dunia maya. Sebagaimana yang pernah saya singgung, saya mendapatkan uang dar internet dengan cara yang amat konvensional. Yakni mengirimkan naskah melalui fasilitas internet (email) ke penerbit yang mencetak tulisan saya di dunia non virtual.

Saat ini saya sedang mencoba beberapa ruang lain untuk memanfaatkan internet sebagai alat produksi sekaligus ladang pencaharian. Saat ini banyak situs yang menawarkan keuntungan atas kontribusi atau partisipasi para pengunjungnya. Banyak pula situs yang menawarkan kerjasama dengan sistem bagi hasil atau royalti.

Salah satunya adalah Google Adsense. Program ini dapat diikuti jika kita mempunyai situs (website) atau blog.

Sebagaimana diketahui, Google adalah mesin pencarian (search engine) terbesar saat ini. Karenanya banyak perusahaan yang memasang iklan di situs ini. Program kerjasama yang ditawarkan oleh Google Adsense adalah meminjam tempat di website atau blog kita untuk menaruh iklan yang dipasang oleh klien Google.

Model kerjasama ini sangat biasa di dunia nyata. Pengiklan akan membayar pemilik media tempat dimana iklan itu dipasang. Bedanya, pemilik blog yang ikut Google Adsense baru akan dibayar jika iklan kemudian muncul di website atau situsnya diklik oleh pengunjung blog tersebut.




Tapi dipesankan, jangan coba-coba mengklik iklan di blog anda sendiri. Ganjarannya, keanggotaan kita di Google Adsense bisa dihapus (banned).


1 comment:

Azai said...

Wah pas banget tuh gambarnya, dgn tema yg anda tulis... :)

Saya juga menggunakan jasa mbah guugle lho

Free themes XP