Wednesday 26 September 2007

"Free-Magazine" dalam Kemasan Blog



"Haha, Kamu mulai mata duitan," komentar istri saya ketika saya sedang membangun blog ini. Pasalnya, ia membaca tag blog ini: "Blog is Money" alias "Blog adalah Uang".

"Mmm, anggap saja begitu!" Sebenarnya, dari dulu saya ingin sekali menjadi penerbit media gratisan yang biaya produksinya tak dibebankan kepada pembaca. Dibagikan gratis, cuma-cuma, begitu saja. Media seperti ini, yang umum dikenal sebagai "free magazine" sangat marak di Jakarta.

Free Magazine di Jakarta banyak ditemukan dalam format media kawasan. Disebut media kawasan karena wilayah penyebarannya memang dialokasikan pada kawasan-kawasan tertentu saja. Sebut saja misalnya kawasan Kelapa Gading. Di sini konon sekitar dua puluhan media dalam bentuk majalah dan tabloid terbit rutin meski tidak dijual.

Kalau gratis, lalu darimana dana untuk menutupi biaya produksinya. Penulis perlu dibayar, kurir perlu digaji, proses mencetak (printing) nya juga perlu uang. Jumlahnya tidak sedikit. Tentu saja biaya tersebut ditanggung pengiklan, perusahaan yang memasang iklan di media tersebut.

Di pangkuan saya saat ini ada sebuah media gratis, Free Tabloid MEDIA CINERE. Media yang disediakan sebagai "Info Komunitas Cinere dan Sisi Selatan Jakarta" ini terbit 12 halaman. Isinya? Sembilan halaman berisi iklan.

Padahal, konon menurut salah satu wartawan senior yang sekarang merintis sebuah kantor berita, dengan dua halaman iklan saja, biaya produksi tabloid semacam ini pasti tertutupi.

Kembali ke laptop, saya belum bisa membuat media gratis dalam format majalah atau tabloid. Jalan yang paling memungkinkan adalah melalui blog. Tapi selain menyajikan informasi yang berguna bagi para pembacanya, blog ini juga tak harus membuat kantong si pemiliknya terkuras. Sebab, meski tidak sebanyak yang dibutuhkan dalam menerbitkan majalah atau tabloid, ngeblog juga memakan biaya, terutama jika rutin. Paling tidak biaya mengakses internet, biaya riset untuk penulisan, dan tentu biaya kopi untuk teman begadang.

Saya percaya, dengan membangun sebuah blog yang dikhususkan untuk mengikuti program-program "monetize", cita-cita sederhana itu tercapai.


No comments: