Tuesday 25 September 2007

Hobi Membaca? Tulis Resensi, Anda Dibayar!

Hobi Membaca? Tulislah Resensi, dan Anda Dibayar!

Bagi yang suka membaca, cobalah menulis resensi kemudian kirim ke majalah atau koran. Jika dimuat, biasanya koran atau majalah akan memberi anda honor atas tulisan (resensi) tersebut. Dengan honor tersebut kita bisa membeli buku baru untuk kemudian diresensi lagi, dapat honor lagi, beli buku baru lagi, dan seterusnya berulang-ulang.

Biasanya majalah atau koran memberi batasan untuk sebuah resensi, berkisar 2 hingga 3 halaman folio atau spasi tunggal. Batasan lain mungkin adalah jenis buku, popularitas pengarang buku yang diresensi, atau gaya tulisan yang kita pakai saat menulis resensi.

Di dunia maya, ada sebuah situs yang menampung segala jenis resensi, ulasan, review atau abstract. Situs ini adalah shvoong. Uniknya situs ini tak hanya menampung resensi (review) buku. Ia bahkan menampung resensi terhadap artikel atau sebuah situs internet, malah ulasan terhadap blog kita sendiri.

Menulis resensi di sini lumayan mudah. Ada 3 pilihan berdasarkan banyak kata dalam satu resensi, yaitu 300, 600, dan 900 kata. Jadi sebuah review sederhana serta singkat sekalipun dapat dimuat di shvoong. Situs ini juga memberikan pilihan lain seandainya kita sungkan meresensi. Kita bisa menerjemahkan sebuah resensi atau abstract dari satu bahasa ke bahasa lain.

Berapa banyak honor yang diberikan oleh shvoong? Jumlahnya tergantung sebarapa sering resensi anda dibaca oleh orang lain. Makin sering, makin banyak uang yang kita dapat. Rumus kedua adalah tergantung banyaknya resensi yang kita upload. Makin banyak resensi, tentu makin besar keuntungan kita.

Dalam urusan honor yang diberikan shvoong, saya kira ada sebuah rumusan sederhana yang bisa dijadikan pegangan. Yang terpenting adalah bukan harga tetapi nilai. Pendek kata begini, katakanlah satu resensi yang cuma 300 kata dihargai hanya 1000 perak. Tapi bayangkan jika resensi yang kita tulis jumlahnya 100 resensi. Maka jumlahnya menjadi 100.000 rupiah. Bagaimana jika 1000 resensi? Bagaimana jika 1000 perak dikali 1000 resensi itu kita terima setiap bulan?

Saya sedang mencobanya program ini. Hitung-hitung sebagai latihan menulis resensi, tapi dibayar. Sekaligus juga latihan menerjemahkan.

Sekiranya berminat, silakan bergabung bersama shvoong!

Shvoong
Situs ringkasan dunia


Contoh ringkasan sederhana

Technorati Profile


No comments: